Politala- Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh mahasiswa sesuai dengan tuntutan kurikulum sebagai penerapan teori yang telah diperoleh agar yang bersangkutan memperoleh pengalaman lapangan yang sesuai dengan bidang masing-masing. PKL bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja yang relevan sehingga yang bersangkutan memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang memadai di bidangnya. Maka dari itu Politala menyelenggarakan pengarahan tentang seminar PKL  kepada 212 mahasiswa yang telah melaksanakan PKL selama 4 bulan di perusahaan- perusahan.

Bertempat di Aula Terbuka Politala, kegiatan yang dimulai pukul 10.00 WITA di hadiri oleh Direktur, seluruh Wakil Direktur, Ketua jurusan, Koordinator Program Studi dan Kepala Unit Prakerin Politala. Di awali oleh sambutan dari Direktur Politala Dr. H. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd , beliau mengucapkan terimakasih kepada seluruh mahasiswa yang sudah melaksanakan PKL karena telah menjaga nama baik almamater Politala dengan baik.

“Sekarang kewajiban kalian menyusun  laporan dari  sebuah rumusan tentang pelaksanaan  PKL yang telah kalian laksanakan selama kurang lebih 4 bulan, agar nantinya bisa segera di presentasikan laporan kalian dalam sebuah seminar disetiap prodi masing- masing“ pesan Direktur dalam sambutannya.

Dilanjutkan oleh sambutan oleh Wakil Direktur l Sukma Firdaus, S.Si., MT . Dalam sambutanya beliau berpesan kepada mahasiswa yang telah melaksanakan PKL,” Kalian jangan terlena dan menunda-nunda dalam pengerjaan Laporan PKL dan proposal seminar, dikarenakan tidak ada lagi mata kuliah pada semester 6 “.

 ”Untuk itu nantinya mahasiswa semester 6 akan diwajibkan berhadir di kampus dan mengisi absensi yang akan segera dirumuskan oleh bagian akademik nantinya“. tutur sukma dalam pengarahannya

Wakil Direktur II Tekad Budiantoro, M.Pd dan Wakil Direktur III Anton Kuswoyo, S.Si., MT pun turut memberikan beberapa pesan untuk para mahasiswa yang berhadir dalam kegiatan ini, agar nantinya para mahasiswa tetap berusaha yang terbaik, dimana 6 bulan kedepan adalah proses terakhir dalam perkuliahan sebelum menuju dunia kerja. Tidak hanya mempersiapakan laporan PKL, para mahasiswa juga diharapakan bisa membekali diri dengan Soft Skill yang akan menunjang kesuksesan dalam dunia kerja seperti, integritas, komunikasi lisan maupun tulisan, mampu beradaptasi di lingkungan yang baru, mampu bekerja sama, dan semangat untuk mau terus belajar.

Jangan menunda- nunda suatu hal yang sangat berharga  untuk masa depan kalian, karena masa depan bukan waktu yang harus di tunda namun waktu yang harus kita raih dalam sebuah keberhasilan kita. Susunlah waktu kalian  dengan baik agar kalian bisa menikmati sebuah perjalanan keberhasilan kalian tanpa keluhan dan malas. (HMS_Politala)