POLITALA – Politeknik Negeri Tanah Laut menerima Kunjungan (28/01) dari Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polisi Republik Indonesia (Polri).  Tim Puslitbang Polri ini melaksanakan kegiatan penelitian di berbagai titik  tentang Tingkat Kepercayaan Masyarakat di wilayah Polres Tanah Laut. Politala lah dipilih sebagai  salah satu sample penelitian oleh Tim Puslitbang Polri.

Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat tingkat kepercayaan masyarakat dari 5 fungsi layanan kepolisian yaitu fungsi lalu lintas, reserse, intel , Binmas dan sabhara. Pelaksanaan  penelitian  dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner yg dilakukan oleh Tim kepada 20 Mahasiswa Politala.

Kegiatan penelitian dipimpin oleh KBP Drs. Dadang Suwondo (selaku Ketua Tim Penelitian) dengan anggota Prof. Dr. Lili Romli (Konsultan dari LIPI),  Pembina Budi Triyanto,S.Sos dan Iptu Aninditya Dichi Saptarini, ST. Salah satu Tim Puslitbang Polriyang di tunjuk  ke Politala yakni Pembina Budi Triyanto,S.Sos.

Tim Puslitbang Polri di Politala disambut langsung oleh Direktur Politala, Dewan Penyantun, Seluruh Wakil Direktur dan  Perwakilan Prodi. Dalam acara pembukaan Direktur Politala yakni Dr. Mufrida Zein, S.Ag.,M.Pd mengatakan dalam sambutannya,”Mengucapkan Terima Kasih yang telah memberikan kepercayaan kepada Kami yakni Politala sebagai Penelitian dalam Kuesioner Polri”.

“Kami juga sangat berbangga karena selama ini Politala selalu bekerjasama dengan Polres Tanah Laut selalu memberikan pengarahan tehadap mahasiswa kami terhadap kesadaran maupun ketertiban dalam pelanggaran Hukum”, Imbuh Direktur Politala.

Sambutan Tim Puslitbang yakni Budi Triyanto,S.Sos mengatakan,”Kegiatan Kuesioner ini untuk membantu tim Puslitbang Polri dalam Kepercayaan masyarakt dalam kinerja Polri”.

“Kuiesioner ini dilakukan dengan berbasis sistem Informasi yang nantinya data ini langsung terekap pada sistem dan kemudian kami dari tim langsung tahu rekapan dan penilaian secara transparan dan adil”, Ujar Budi dalam sambutanya.

Sambutan selesai kemudian 20 Mahasiswa Politala yang terpilih  diarahkan oleh Budi Triyanto,S.Sos sebagai Tim Puslitbang Polri untuk pengisian Kuesioner. Dalam penelitian ada 5 indikator pengungkit layanan yang dilihat yaitu : Bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability),  daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan kesesuaian (conformance).  (HMS_Politala)