Politala- Dalam rangka memeriahkan kegiatan PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) tahun 2021 ini, untuk pertama kalinya Politeknik Negeri Tanah Laut mengadakan turnamen Esports PUBGM yang didukung oleh Esports Indonesia (ESI) Kalimantan Selatan dan diliput oleh tim tanahlautinfo.

Esports merupakan istilah dari olahraga elektronik yang merupakan kompetisi video game pemain jamak (multiplayer) yang umumnya antara pemain profesional, sedangkan PUBGM itu sendiri adalah singkatan dari PlayerUnknown’s Battlegrounds Mobile yang merupakan sebuah permainan mobile  daring dengan genre battle royale, yang para pemainnya bisa bermain dengan 100 orang sekaligus dan bisa dimainkan oleh pemain solo, atau pun dibagi dalam tim mulai dari 2 orang hingga 4 orang di dalam satu tim (Wikipedia).

Pendaftaran peserta turnamen PUBGM Politala ini dibuka sejak 7-15 Maret 2021 untuk seluruh pelajar jenjang SMP dan SMA sederajat se Kalimantan Selatan. Total pendaftar dalam turnamen kali ini sebanyak 65 tim yang berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan.

Agenda turnamen diawali dengan Technical Meeting secara online untuk seluruh peserta yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 17 Maret 2021. Pada hari Jumat, tanggal 19 Maret 2021, turnamen dibuka secara resmi oleh Wadir II Politala, Anton Kuswoyo, S.Si., M.T dan langsung dilanjutkan dengan babak awal, yaitu babak kualifikasi seluruh tim (Online Qualifier).

Turnamen kali ini dimeriahkan dengan diundangnya Caster (Komentator) pertandingan dari Jakarta (Ajie Andhika Prasetiyo/Jonita) dan dari Banjarbaru (Aditya Saputra/bro cadel).

Memasuki Babak kualifikasi, 2 match diadakan untuk menyeleksi 10 tim dengan poin paling tinggi untuk dimasukan ke babak final.

Esok hari nya, Sabtu, 20 Maret 2021 babak final dilaksanakan dan para finalis datang langsung ke Politala untuk bertanding secara offline menggunakan protokol kesehatan. Adapun 1 tim finalis yang seharusnya datang berhalangan dan tidak bisa berhadir, sehingga total 9 tim yang berhadir di Politala untuk berkompetisi. Para finalis disambut baik oleh panitia turnamen dengan mengajak mereka tour memperkenalkan lingkungan kampus Politeknik Negeri Tanah Laut sebelum pertandingan dimulai.

Babak Final kali ini yang dilaksanakan di Lantai Dasar Gedung TI Baru Politeknik Negeri Tanah Laut memperlihatkan semangat dan antusias para peserta finalis turnamen. Setelah total 3 match babak final dilaksanakan, dipilihlah 4 tim yang mana tim ADMG X BSS sebagai juara harapan, Seiryu Alliance sebagai juara 3 mendapatkan hadiah uang sebesar IDR 750.000, tim Skuyy sebagai juara 2 mendapat kan hadiah uang sebesar IDR 1.000.000, dan tim JORONG 4S sebagai pemenang juara 1 mendapatkan hadiah uang sebesar IDR 1.250.000.

Turnamen PUBGM Politala ditutup dengan pembagian hadiah oleh Wadir I Politala Sukma Firdaus, S.Si., MT beserta panitia dan dilanjutkan dengan agenda rekaman PODCAST YouTube Politala kepada perwakilan 3 tim pemenang dan kepada satu orang undangan bintang tamu bernama Muhammad Rafly Andras Andorzan atau yang biasa dipanggil Andre selaku pemain profesional PUBGM asal Pelaihari, namun memiliki prestasi dalam kejuaraan PUBGM tingkat Nasional. Hms_Politala