Politala- Kuliah Umum merupakan kuliah yang mendatangkan Narasumber Dunia Industi dan Dunia Usaha untuk  mahasiswa sebelum  atau sesudah memasuki perkuliahan. Hal ini dilakukkan bertujuan untuk memberikan motivasi, wawasan atau ilmu pengetahuan  tentang DUDI. DUDI juga  sangat berperan dalam kemajuan dan pengembangan perguruan tinggi agar nantinya lulusan bisa dipakai.

Atas dasar tersebut Politeknik Negeri Tanah Laut dalam upayanya mengajak dan mengandeng pelakku usaha dan industri untuk memberikan kuliah umumkepada mahasiswanya. Kuliah Umum Politala (19/02) dilaksanakan ketika mahasiswa Politala setelah melaksanakan liburan semesternya dan menginjak semester baru. Politala mengandeng perusahaan ternama yang tak asing bagi Politala yang minggu kemaren melaksanakan rekuitment   di Prodi Teknologi Otomotif yakni PT. Darma Henwa Tbk.

Kuliah umum kali ini bertajuk “Penguatan Link and Match Politala dengan Dunia Industri dan Dunia Usaha untuk menjadi Universitas Applied Science of Technology”. Kegiatan dilaksanakan di Aula Terbuka Politala. Kegiatan juga  dihadiri Direktur, seluruh wakil Direktur, Seluruh Dosen Prodi, dan Seluruh mahasiswa Politala. Dalam hal ini narasumber Darma henwa yakni Kusmiharso (Team Leader Trainer Maintenance PT.Darma Henwa Tbk,job site Asam asam coal project Arutmin) dan Supriono (Section Head of HRD  Recruitment   &  Training PT.Darma Henwa Tbk ) dengan di moderator oleh Dosen Politala yakni Muhammad Ghalih, S.I.Kom., M.Sc.

Dalam sambutannya direktur Politala yakni Dr. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd mengatakan, “Melalui kegiatan ini nanti para  mahasiswa yang hadiri di kegiatan ini bisa lebih meningkatkan skill melalui kuliahnya dan  lulusan nantinya    mempunyai   kesempatan bukan hanya mendapatkan pendidikan berkualitas, tapi setelah mereka lulus dapat kesempatan  kerja  sesuai  dengan  bidang masing-masing”.

“Tujuan Kuliah umum ini tentunya lebih adanya penguatan keterkaitan dan kesepadanan (link and match) antar kita dunia kampus dengan dunia industry dan dunia usaha, agar nantinya dapat  memperoleh kompetensi diluar dari program studi salah satunya adalah melalui Praktik lapangan atau magang”, papar Mufrida.

Dalam penyampian materi kuliah umum oleh Kusmiharso mengatakak kepada seluruh mahasiswa,”Dalam bertindak dan melakukan sesuatu harus Displin, Teliti, dan harus memahami prosedur agar tindakan kalian tidak sia sia dan tidak tertunda akan banyak hal yang tak terduga”.

“Kami merasa tergugah membantu politala untuk Link and Match dalam sector pendidikan dan menerima lulusan Politala yang memiliki kompeten dibidangnya agar bisa memajukan Perusahaan”, imbuh Kusmiharso. (HMS_Politala)