Politala- Setelah pada tahun 2019  Politeknik Negeri Tanah Laut sukses mengirim 8 mahasiswanya mengikuti studi lanjut jenjang S-I ke Taiwan.  Pada tahun ini Politala kembali akan mengirim mahasiswanya sebanyak 22 orang dari jurusan Teknologi Informasi, Agroindustri dan Akuntansi untuk melanjutkan kuliahnya ke jenjang S-I di Taiwan.

Proses persiapan telah dilaksanakan oleh Politala, seperti pada hari Senin 31 Mei 2021, bertempat di Kantor Urusan Internasional telah dilaksanakan tes wawancara oleh Panitia Seleksi Mahasiswa Studi Lanjut ke Taiwan Politeknik Negeri Tanah Laut.

Setelah melalui tahap wawancara ini selanjutnya seluruh calon mahasiswa studi lanjut harus mepersiapkan berkas-berkas yang diperlukan, salah satunya surat pernyataan kepada Direktur Politala. Tes kesehatan pun nantinya akan dijalani oleh para calon mahasiswa studi lanjut untuk keperluan kelengkapan berkas pembuatan Paspor dan Visa.

Kepala Kantor Urusan Internasional Politala M. Ghalih, S.I.Kom., M.Sc mengatakan, dengan adanya peningkatan jumlah mahasiswa yang mengikuti program studi lanjut tahun ini merupakan sebuah kebanggaan.

“Semoga jumlah mahasiswa yang mengikuti program studi lanjut ke luar negeri ini terus meningkat tiap tahunnya. Saya harap program ini menjadi pemicu semangat untuk seluruh sivitas Politala untuk terus maju dan berkembang”, tutur Ghalih.

Pada program studi lanjut ke Taiwan pada tahun ini terdapat 10 Perguruan Tinggi yang dapat di pilih oleh para mahasiswa Politala. Terdapat 4 Perguruan Tinggi di Taiwan yang menjadi pilihan favorit oleh mahasiswa Politala diantaranya, JinWen University of Science and Technology, Kun Shan University, National Kaohsiung University of Science and Technology dan Lunghwa University of Science and Technology.

Nantinya para mahasiswa yang lolos seleksi akan melanjutkan kuliahnya selama 2 Tahun dan 1 Tahun praktek kerja lapangan di industri Taiwan. Diharapkan para lulusan studi lanjut S-I di Taiwan nantinya dapat menjadi penggerak kemajuan industri dan kemajuan perekonomian daerah khususnya di Kabupaten Tanah Laut. Hms_Politala