Politala- Selasa, 9 Februari 2021 Forum Mahasiswa Peduli (FMP) bekerjasama dengan Prodi Akuntansi dan seluruh UKM dan Ormawa Politala melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Panjaratan.  Sebanyak 30 mahasiswa bersama 15 dosen Prodi Akuntansi diberangkatkan.

Kegiatan Pengabdian kali ini diberi nama “Trauma Healing”, yang mana kegiatan ini berbentuk pemulihan dan pendampingan awal secara psikologis kepada masyarakat khususnya kepada anak-anak dan warga yang terdampak banjir. Dampak banjir yang tidak hanya merugikan materi, tetapi juga berdampak pada psikologi warga menjadi alasan kuat dilaksanakannya kegiatan “Trauma Healing” ini.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Koordinator Prodi Akuntansi Politala Rina Pebriana, S.E., M.Comm di Desa Panjaratan yang didampingi oleh Kaur Umum dan Perencanaan Desa Panjaratan Muhammad Nazir Sidiq. Dalam sambutan yang disampaikan oleh Rina Pebriana beliau mengatakan bahwa Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana kegiatan ini adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh civitas akademika, terutama mahasiswa dan dosen.

“Kegiatan ini sebagai bukti kepedulian kami, yang mana Politala tidak hanya sebagai institusi pendidikan yang berkewajiban meningkatkan pendidikan namun juga turut serta membantu saudara-saudara kami dalam hal membangun dan meningkatkan perekonomian masyarakat pasca musibah banjir,” ungkap Rina.

Muhammad Nazir Sidiq yang hadir sebagai perwakilan Desa Panjaratan mengungkapkan rasa terimakasihnya karena dengan kedatangan rombongan dari Politala ini diharapkan dapat menjadi dorongan semangat bagi masyarakat Desa Panjaratan agar sedikit demi sedikit kembali bangkit setelah ditimpa musibah bencana banjir.

“Saya sangat mengapresiasi atas kedatangan rombongan dari Politala yang bersedia membantu kami. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat terjalin kerjasama yang baik dan berkelanjutan dalam upaya peningkatan perekonomian masayarakat di Desa Panjaratan ini,” tuturnya.

Adapun isi acara dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi konsultasi dengan warga oleh dosen-dosen Prodi Akuntansi Politala beserta manajemen, kemudian dilanjutkan dengan acara games untuk anak-anak di desa setempat oleh Forum Mahasiswa Peduli hingga acara berakhir pada pukul 17.45 WITA.

Selain pelaksanaan dua susunan acara tersebut, rombongan tim “Trauma Healing” memberikan kepada warga Desa Panjaratan total 35 paket berisi alat-alat kebersihan dan total juga sebanyak 35 paket berisi sembako untuk warga desa serta bingkisan-bingkisan makanan ringan dan hadiah lomba untuk anak-anak di desa tersebut. Hms_Politala