Politala- Pada akhir semester menjelang kelulusan, seluruh Program Studi di Politeknik Negeri Tanah Laut menyelenggarakan Uji Kompetensi bagi mahasiswanya. Untuk Program Studi DIII Akuntansi telah diselenggarakan Pembekalan dan Uji Kompetensi Teknisi Akuntansi oleh TUK Teknisi Akuntansi Politala pada 5 Juli hingga 16 Juli 2021, yang bertempat di Laboratorium Gedung Teknik Informatika Politala.

Terdapat tiga skema pada Uji Kompetensi  Teknisi Akuntansi kali ini yaitu, skema Teknisi Akuntansi Junior yang diikuti 54 mahasiswa, skema Teknisi Akuntansi Pratama yang diikuti 20 mahasiswa dan skema Teknisi Akuntansi Madya yang diikuti 20 mahasiswa.

Uji Kompetensi  yang diselenggarakan oleh TUK Teknisi Akuntansi Politala ini bekerjasama dengan LSP Teknisi Akuntansi yang memiliki lisensi dari Badan Nasional Sertifikat Profesi (BNSP). Mahasiswa yang mengikuti Uji Kompetensi di berikan materi ujian secara daring oleh dua asesor dari TUK Teknisi Akuntansi Politala dan empat asesor dari LSP Teknisi Akuntansi.

Koordinator Prodi Akuntansi sekaligus Ketua TUK Teknisi Akuntansi Politala Rina Pebriana, S.E., M.Comm mengatakan, penyelenggaraan Uji Kompetensi dengan tiga skema berbeda ini telah disesuaikan dengan tingkat kompetensi mahasiswa dan juga sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKNI) atau yang diperlukan oleh dunia kerja.

“Harapan kami dengan diadakannya Uji Kompetensi ini, selain sertifikat yang didapat menjadi pendamping ijazah juga mahasiswa siap untuk bekerja di lembaga atau instansi manapun. Karena skema Teknisi akuntansi ini akan menghasilkan teknisi yaitu, lulusan yang memiliki kompetensi untuk menjadi tenaga pelaksana pembukuan atau pelaporan keuangan baik itu di lembaga pemerintah, dunia usaha, maupun diinstansi lainnya”, ucap Rina Pebriana. Hms_Politala